Entries (RSS)

Senin, 06 September 2010

TNI AU: Kolonel Adjie Tengah Didakwa Kasus Korupsi

Jakarta - TNI AU memberi penjelasan mengenai tulisan opini Kolonel Adjie Suradji bertajuk 'Pimpinan, Keberanian, dan Perubahan' di koran Kompas edisi 6 September. Dalam kolom surat pembaca, TNI AU menyebut Adjie tengah menghadapi kasus korupsi.


"Saat ini yang bersangkutan tengah menghadapi dakwaan terkait tindak pidana korupsi dan dalam proses hukum," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Bambang Samoedro dalam penjelasannya di kora yang sama, Selasa (7/9/2010).

Bambang tidak merinci kasus korupsi yang membelit perwira itu. Namun disebut-sebut terkait kasus penjualan tanah yang dikabarkan milik TNI.

Dalam surat pembaca berjudul 'Penjelasan TNI AU' tersebut, Bambang menegaskan TNI AU berpegang pada UU No 34 Tahun 2005 tentang TNI, khususnya pasal 2 yang memuat tentang jati diri, di mana salah satu klausulnya menyatakan TNI dilarang berpolitik praktis.

"Bahwa tulisan yang berisi ide, pendapat, pemikiran yang disampaikan merupakan pendapat pribadi dan bukan pendapat institusi TNI angkatan udara," tutup Bambang.

Dalam artikel opininya, Adjie yang bertugas di bagian Dinas Personalia dan Pamen Sopsau, mengkritik pemerintahan SBY. Adjie menyoroti penanganan korupsi di Indonesia. Di bawah artikel itu Adjie mencantumkan identitasnya sebagai anggota TNI AU. Hal inilah yang dianggap melanggar etika. Adalah terlarang personel TNI mengkritik presiden yang merupakan panglima tertinggi.

0 komentar:

Posting Komentar